Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menjaga Kesehatan Jantung

Cara menjaga Kesehatan Jantung

PerawatBaik.com - Assalamualaikum wr.wb. 
Salam sehat dan semangat para sahabat Perawat Baik... 😇 

Sahabat perawat baik pernah nggak mendengarkan istilah Silent Killer
Istilah ini sering disebutkan untuk kematian yang diakibatkan serangan jantung yang menyerang secara tiba-tiba dan tidak segera mendapatkan penanganan medis sehingga berakibat fatal.

Sahabat, perlu diketahui juga bahwa penyakit kardiovaskular ini paling sering menyerang individu pada usia produktif lho. Sangat disayangkan jika kita yang masih berada di usia produktif terkena penyakit kardiovaskular tersebut.

Maka dari itu, pada artikel kali ini Perawat Baik akan membahas cara jaga kesehatan jantung supaya kita terhindar dari penyakit kardiovaskular ini.

Namun sebelum itu, kita akan membahas sedikit tentang penyebab serangan jantung atau penyebab penyakit kardiovaskular secara umum.


Penyakit Jantung

sakit jantung

Menurut data WHO yang disebutkan pada Hari Kesehatan Jantung Dunia 2019, disampaikan bahwa lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah dibandingkan dengan penyakit HIV, AIDS, Malaria, dan TBC, yang secara keseluruhan membunuh 3 juta populasi dunia. 

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, angka kematian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun, setidaknya 15 dari 1000 orang atau sekitar 2.784.064  individu di Indonesia menderita penyakit jantung. 

Waaaawww Angka yang sangat fantastis ya sahabat Perawat Baik...


Nah, berikut ini adalah beberapa faktor penyebab penyakit jantung yang perlu sahabat ketahui:

1. Keturunan

Faktor keturunan menjadi salah satu penyebab terjadinya penyebab penyakit jantung yang akan sulit dihindari, tetapi kita bisa meminimalisir terjadinya penyakit jantung dengan menjaga gaya hidup yang sehat. Sehingga penting bagi kita untuk mengetahui riwayat kesehatan yang dimiliki anggota keluarga kita ya sahabat.

2. Usia

Semakin bertambah usia seseorang, maka resiko penyakit jantung akan meningkat, dikarenakan elastisitas pembuluh darah jantung yang semakin berkurang.

3. Jenis Kelamin

Pria disebutkan memiliki resiko lebih besar terkena penyakit jantung dibandingkan wanita. 
Hal ini dikarenakan gaya hidup dari pria yang merokok dan lain-lainnya. Namun ketika wanita memasuki masa usia lanjut dan menopause akan memiliki resiko penyakit jantung yang lebih besar dibanding pria.

4. Obesitas

Obesitas bisa menjadi resiko penyebab penyakit kardiovaskular dikarenakan adanya penyempitan dan pengerasan pembuluh darah akibat adanya plak pada dinding pembuluh darah.

5. Stress

Stres yang berlebihan dan berlangsung lama dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah.

6. Kurang Beraktivitas atau Berolahraga

Kurangnya beraktivitas atau berolahraga menyebabkan kurang lancarnya peredaran darah di dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

7. Merokok

Sudah sangat sering kita mendengar merokok menyebabkan penyakit jantung dan beberapa penyakit lainnya. Zat-zat di dalam kandungan rokok yang masuk ke dalam tubuh mengakibatkan pembuluh darah mengecil dan mengeras, sehingga aliran darah ke jantung berkurang.

8. Gaya hidup

Gaya hidup yang kurang sehat, dimulai dari makanan yang tidak sehat yang dijalani sangat lama akan menumpuk ke pembuluh darah.

9. Memiliki penyakit penyerta: Hipertensi dan Diabetes

Penyakit penyerta menjadi penyebab terjadinya pembuluh darah membesar atau menyempit yang dapat mengganggu pompa darah ke jantung menjadi tidak efektif.


Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab penyakit jantung kardiovaskular, sekarang saatnya kita membahas bagaimana cara menjaga kesehatan jantung kita ya...


Sahabat pernah mendengar istilah CERDIK
Jika kita berada di lingkungan kesehatan seperti Puskesmas, Klinik, maupun Rumah Sakit pasti tidak asing dengan istilah ini. Author sangat setuju dengan istilah ini untuk menjaga kesehatan jantung. 

Yukss kita bahas bersama-sama...
Ini dia CERDIK untuk menjaga kesehatan jantung kita...

Cek Kesehatan

Cek kesehatan sangat penting bagi kita untuk mengetahui kondisi kita serta menjaga kesehatan tubuh kita ya sahabat. Jadi, mendatangi layanan kesehatan tidak hanya pada saat kita merasa sakit saja.  

Pada saat kita mengecek kesehatan, kita bisa melakukan skrining pencegahan, cek-lah secara rutin tekanan darah kita sehingga kita dapat memantau untuk menghindari terjadinya hipertensi.

Enyahkan Asap Rokok

Melihat isi kandungan dari rokok yang kita ketahui, penting bagi kita menghindari asap rokok untuk kesehatan pembuluh darah kita. Tidak hanya perokok aktif tetapi perokok pasif (orang yang menghirup asap rokok orang lain) juga sangat beresiko.

Rajin Olahraga/ Aktivitas Fisik

Penting kita melakukan aktivitas fisik dan olahraga untuk melancarkan peredaran darah.
Mengingat keadaan saat ini sedang dalam masa pandemi, sahabat bisa lihat artikel kita sebelumnya tentang Cara olahraga di Masa Covid19 supaya niat olahraganya tidak berujung pada masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh Virus Corona ini.


Diet Seimbang dan Sehat

Menjaga pola makan dapat membantu membantu kesehatan pembuluh darah, dengan mengatur secara benar kadar lemak yang kita konsumsi, sehingga tidak berujung pada penumpukan lemak di pembuluh darah kita.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat penting bagi kita untuk membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan elastisitas jantung.

Kelola Stres

Mengelola stres akan membuat kita merasa bahagia dan kesehatan jantung juga akan terjaga.
Nah, tentang cara mengelola stres juga sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya ya... Silakan sahabat baca juga di artikel Manajemen Stres, Cara agar Tidak Stres.



Nah sahabat, itulah Tips singkat dari Perawat Baik mengenai Cara Menjaga Kesehatan Jantung 
Semoga bermanfaat yaa. 

Jika ada pertanyaan, share informasi, atau pengalaman seputar pembahasan kita kali ini, jangan sungkan untuk memberikannya di kolom komentar di bawah ya... 😉 

Posting Komentar untuk "Cara menjaga Kesehatan Jantung"

Berlangganan via Email