Cara Olahraga yang Benar di Masa Covid19

PerawatBaik.com - Assalamualaikum wr.wb.
Salam sehat dan semangat para sahabat Perawat Baik... 😇

Di artikel terdahulu kita sudah membahas tentang cara menghadapi Virus Corona, dan hingga hari ini di negara kita masih belum bebas dari Virus ini, dan pemerintah sudah menetapkan New Normal

Ketika awal-awal akan dilakukan new normal, banyak orang di sekitar penulis sangat antusias bahkan sudah merencanakan akan jalan-jalan, pergi ke mall, nonton bioskop, bahkan olahraga di taman dan sebagainya. Hmmm... sebenarnya aman gak sih olahraga di tengah Covid19 ini? 

Cara Olahraga yang Benar di Masa Covid19

Oke, kali ini Perawat Baik akan membahasnya dan akan membagikan tips aman berolahraga di masa Covid19 atau New Normal ini. 


Apa itu New Normal

Secara singkat, New Normal adalah salah satu cara pengendalian Covid19 dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Untuk di Indonesia sendiri tidak semua wilayah sudah mendapatkan izin dari pemerintah untuk menerapkan New Normal ini. Untuk wilayah yang sudah menerapkan New Normal bukan berarti sudah bebas dan aman dari Covid19 ya. Tetap terapkan standar keamanan diri dari Covid19 ya, dengan menjalankan Cara Menghadapi Virus Corona yang telah kami tulis sebelumnya. Ya memang lebih aman stay di rumah aja si... hehehehe 


Tips Olahraga yang baik di masa New Normal

Beberapa teman dari penulis sering bertanya boleh gak si kita olahraga keluar rumah misal jogging di komplek/taman, naek sepeda, atau ke tempat gym gitu?

Olahraga sebenarnya baik dan sangat berguna untuk tubuh kita bila dilakukan secara teratur dan rutin. Olahraga dapat membantu proses metabolisme tubuh dan dapat melancarkan peredaran darah, membakar kalori sehingga dapat menjaga berat badan ideal. Tetapi di musim Covid19 ini gimana donk?

Prinsip dari melakukan olahraga di masa Covid19 atau New Normal ini adalah “Aman Diri dan Aman Lingkungan”. Pastikan terlebih dahulu dua prinsip ini terpenuhi sebelum melakukan olahraga di luar lingkungan rumah. 

1. Aman Diri

Sebelum melakukan olah raga di luar rumah pastikan terlebih dahulu bahwa diri kita aman yang artinya bahwa kondisi tubuh kita benar-benar sehat, tidak ada gejala batuk, pilek, demam, diare, ataupun lemah dan pusing. Kenapa ini menjadi hal penting? Karena dengan tubuh yang sehat kita tidak menyebarkan virus dan tentu dapat menjaga tubuh kita dari virus itu. Dan mesti diingat bahwa beberapa orang mungkin tidak menunjukkan gejala walaupun dia terinfeksi virus ini, jadi pastikan tubuh kita benar-benar fit sebelum olahraga keluar rumah.

2. Aman Lingkungan

Sama seperti aman diri, pastikan lebih dahulu lingkungan sekitar tempat kita olahraga adalah lingkungan yang aman. Lingkungan yang aman seperti apa yang kita bisa untuk olahraga?
Pilihlah lingkungan yang tidak terlalu ramai dengan pengunjung, hal ini bertujuan untuk mengurangi adanya interaksi atau penyebaran Covid19. 

3. Menjaga Jarak

Penting sekali untuk selalu menjaga jarak demi menghindari penyebaran Covid19 ini. Tidak dalam keadaan olahraga saja kita diminta untuk menjaga jarak, apalagi ketika olahraga yang membutuhkan suplai oksigen lebih banyak. Gak mau kan tertular covid hanya karena niat untuk sehat tapi malah dapatnya penyakit?

4. Membawa Masker

Looohhh kok membawa masker, kenapa gak pakai masker?
Sabar... sabar... Gini nih penjelasannya kenapa membawa masker. 
Pada saat melakukan olahraga, tubuh akan membutuhkan suplai oksigen yang lebih dari pada saat dalam keadaan santai. Dalam kondisi tubuh yang normal mungkin penggunaan masker untuk olahraga tidak akan mengganggu fungsi paru-paru, tetapi jika terus menerus digunakan akan membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menarik oksigen, sehingga dapat membahayakan tubuh. 
Hindari selama olahraga untuk banyak berbicara. Tapi jika akan berolahraga tanpa masker pastikan dulu sudah aman diri, aman lingkungan dan menjaga jarak. Kapan saatnya menggunakan masker? Gunakan masker pada saat misal tiba-tiba ketemu teman saat olahraga dan berbicara. 

5. Tidak Meludah Sembarangan

Ini kebiasaan yang sering banget dilakukan orang-orang yang dengan sengaja meludah sembarangan. Sahabat Perawat Baik please jangan meludah sembarangan ya, apalagi batuk-batuk buang dahak sembarangan.

6. Bawa Air Minum

Poin penting lainnya adalah membawa air minum pribadi. Sehingga ketika merasa haus tidak perlu lagi untuk mengeluarkan uang dan berinteraksi dengan orang lain hanya sekedar membeli minum.

7. Pastikan Kebersihan Tangan

Pada saat akan mengelap keringat, pastikan kebersihan tangan terlebih dahulu dengan cara cuci tangan dengan sabun. Repot ya? Ya... begitulah.

8. Olahraga di Awal Waktu

Maksudnya adalah jika ingin berolahraga di lingkungan terbuka, lakukan olahraga pada jam-jam dimana tidak ramai kegiatan untuk mengurangi kontak dengan orang. Sebagai contoh olahraga dapat dilakukan setelah shalat subuh, karena sudah pasti sepi dan udara masih bersih. Tapi pastikan juga keamanan lingkungan dari hal-hal yang tidak diinginkan ya, seperti aman dari tindak kriminal dan sejenisnya.

9. Segera Pulang

Setelah merasa cukup untuk berolahraga segeralah untuk pulang ke rumah.

10. Langsung Mandi

Setelah pulang dari tempat olahraga segeralah mandi dan mencuci pakaian yang digunakan, agar tubuh dan pakaian benar-benar bersih saat kembali pada keluarga.


Jika memang dirasakan aman di lingkungan terbuka, silakan saja. Tetapi jika lingkungan kita tidak memadai, tidak memenuhi yang kita jabarkan di atas, alangkah baiknya olahraga di rumah saja. 
cara olahraga yang benar
Jangan sampai hanya karena keinginan malah membuat kita menjadi tertular Covid atau justru kita yang jadi agen transmisi penularan Covid. 😓

Jika ada pertanyaan, share informasi, atau pengalaman seputar pembahasan kita kali ini, jangan sungkan untuk memberikannya di kolom komentar di bawah ya... 😉 

Jangan lupa juga untuk subscribe lewat email di form Subscribe di bagian paling bawah blog ya... Biar selalu update pemberitahuan setiap kita upload artikel terbaru. 😘

Berikan Komentar

Lebih baru Lebih lama