Cara Menghadapi Virus Corona

PerawatBaik.com - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
Salam sehat untuk kita semua. 

Sekarang kita semua sedang menghadapi wabah virus Corona 2019 atau yang biasa disebut Covid19 yang sangat luar biasa, kita harus sama-sama melawan dan menjaga diri sendiri supaya bisa tetap bertahan untuk diri kita dan orang lain. Pada bahasan kali ini perawat baik tidak akan membahas tentang corona-nya tetapi membahas bagaimana cara mempersiapkan diri menghadapi corona

cara meningkatkan imunitas tubuh


Mungkin sahabat perawat baik sudah banyak membaca dan mendengar bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh ataupun mempersiapkan diri menghadapi virus corona, namun secara khusus, kali ini kami akan membagikan sesuai dengan pengalaman dari kami. Semoga bermanfaat untuk sahabat perawat baik semua ya.

Tips Menghadapi Corona

1. Berdoa

Berdoa menjadi poin penting dalam menghadapi covid 19 dan merupakan cara meningkatkan imunitas yang sangat baik untuk kita. Berdoa setiap saat dimanapun kita berada. Selain mendoakan untuk diri kita sendiri penting juga mendoakan orang lain agar selalu sehat dan terlindungi dari covid 19. Sudahkah kita berdoa hari ini?


2. Jangan Panik

Saat menghadapi covid 19 kita diharapkan jangan panik, karena panik dapat memicu stress berlebihan. Jadi tetap tenang akan lebih baik sambil mempersiapkan diri untuk menghadapi covid 19.


3. Tingkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Penting sekali menjaga dan meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk menghadapi covid dan meningkatkan imunitas. Selain menjaga tubuh, menjaga lingkungan yang sehat juga perlu kita lakukan. Suasana lingkungan yang sehat akan membuat pikiran dan tubuh menjadi segar dan lebih sehat. Salah satunya adalah dengan rajin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun cair. Cuci tangan ini berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri dan menjaga kebersihan. Cuci tangan ini bisa dilakukan setelah kontak dengan lingkungan, sebelum makan, ataupun setelah memegang hp.


4. Makan Makanan Sehat

Siapa yang suka banget makanan siap saji? Hehehe kami juga suka banget makanan siap saji, apalagi makanan sejenis ayam-ayam, uuuuu itu favorit banget deh apalagi saat berdinas malam suka banget konsumsi mie cup. Tapi sekarang ayo kita semua mulai mengurangi kebiasan mengkonsumsi makanan siap saji dan beralih kemakanan yang sehat. Makanan yang sehat seperti apa yang harus dimakan? 

Kita ingat kan ketika kita kecil sering banget mendengar makanan empat sehat lima sempurna. Ini bisa menjadi patokan kita untuk menentukan menu makanan sehat apa yang harus kita konsumsi. Makanan dapat terdiri dari sayuran, buah dan lauk. Tapi perlu kita ingat juga sesuaikan dengan kemampuan daya beli kita juga ya? Kami tidak memaksakan bahwa harus tersedia semuanya, tapi setidaknya makanan tersebut harus mengandung vitamin dan mineral yang di butuhkan tubuh. Ya sebagai contoh sayur bayam, kangkung, sawi, lauk tempe, tahu, telur, ikan, ayam dan kalo mau ditambah buah bisa jeruk, semangka, atau peer. Silahkan pilih dan tentukan sendiri menunya ya... Untuk sahabat Perawat Baik yang masih kesusahan untuk masak sendiri, cobain masak dengan panduan di web blog Resep Masak Gampang ini, caranya cocok untuk yang ingin belajar masak, pilih yang sayur-sayuran sehat ya.


5. Istirahat yang cukup

Untuk meningkatkan imunitas dan menghadapi covid 19 ini perlu istirahat yang cukup. Nah istirahat ini berguna untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita agar fungsi metabolisme tetap terjaga. Istirahat tidak berarti harus tidur tetapi istirahat juga bisa dengan duduk dengan tenang, merilekskan pikiran. Untuk istirahat tidur pernah kita bahas sebelumnya perawat baik sudah membahas tentang Tidur dan Tips Tidur Berkualitas, silahkan boleh di baca kembali ya...


6. Olahraga Teratur

Olahraga tidak harus dilakukan di taman ataupun di lingkungan terbuka untuk umum. Pada masa covid ini olahraga dapat dilakukan di lingkungan rumah dengan olahraga ringan dan dapat dilakukan dengan teratur. Kita dapat melakukan senam sehat, senam zumba, ataupun senam jantung. Jadi daripada beresiko olahraga di lingkungan umum lebih baik olahraga di rumah saja.


7. Kelola Stress

Salah satu yang dapat memicu terjadinya penyakit adalah stress berlebihan. Dengan mengelola stress, kita dapat membantu tubuh rileks dan tenang. Pikiran yang tenang akan menciptakan hormon yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Teknik yang dapat di terapkan untuk mengelola stres adalah dengan cara:
  • Menarik napas dalam sambil memejamkan mata, kemudian hembuskan perlahan melalui mulut, ulangi beberapa kali sampai tubuh menjadi tenang. 
  • Membaca novel atau cerita bergambar seperti komik.
  • Hindari pemicu stress. Penting menghindari pemicu ini agar tidak menambah pikiran-pikiran stress yang ada.
  • Mendengarkan musik, bisa mendengarkan lagu-lagu klasik ataupun lagu keagamaan. Hindari mendengarkan lagu galau ya nanti malah keingat mantan... eeee kenangan eeee...


8. Minum Air Putih

Konsumsi air putih sangat penting bagi tubuh karena dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, karena pada dasarnya tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Kekurangan cairan bisa memicu dehidrasi sehingga tubuh akan berespon dengan cara haus ataupun pada tahap parah akan demam bahkan kehilangan kesadaran. 

Berapa kebutuhan cairan tubuh kita? 
Secara umum tubuh kita butuh 2,5 liter/ hari, namun secara detail cara menghitung kebutuhan cairan tubuh yang biasa kami lakukan pada pasien adalah 30x berat badan, misal berat badan kita 50kg. Jadi 30x 50 = 1500 cc. Tapi jika pada keadaan sehat cara menghitung kebutuhan cairan kita bisa dengan rumus 50x berat badan kita. Pada kondisi tertentu terutama pasien yang cairannya dibatasi seperti pasien dengan penyakit jantung ataupun ginjal bisa dengan rumus 25x berat badan.

Ini hanya sebagai gambaran saja. Yang pasti adalah minumlah ketika kita merasa haus, karena itu adalah respon dari tubuh yang mulai membutuhkan cairan.


9. Berhenti Merokok

Bagi sahabat perawat baik yang merokok mari kita jaga kesehatan dengan cara berhenti merokok, karena covid 19 ini menyerang bagian pernapasan kita; dengan berhenti merokok dapat membantu membuat paru-paru kita sehat dan menyaring udara dengan baik.


10. Tertawa

Tertawalah untuk membuat hati dan suasana pikiran menjadi lebih cerah dan dapat merilekskan tubuh. Sudahkah sahabat perawat baik tertawa hari ini?


11. Konsumsi Vitamin Tambahan

Ada yang bertanya pada kami bolehkah konsumsi vitamin tambahan? 
Kami menjawab boleh saja sebagai usaha dalam meningkatkan daya tahan tubuh, tapi yang lebih penting adalah mengkonsumsi makanan yang sehat dan buah-buahan bervitamin c atau mengandung antioksidan tinggi. Silahkan jika ingin menambah vitamin sebagai tambahan, mimin juga di saat sekarang mengkonsumsi vitamin tambahan 



Semoga bisa membantu sahabat perawat baik semua yaaa... Jika sahabat memiliki tips dan saran tambahan, silakan komentar di bawah ya... Kami sangat menantikannya.

Semoga sehat selalu untuk kita semua, mari kita berdoa semoga wabah covid 19 ini segera berlalu dan kita dapat menjalani hari-hari seperti sedia kala. Salam sehat dari kami PerawatBaik.com.

Jangan lupa subscribe lewat email di pojok kanan bawah ya... Biar selalu update pemberitahuan setiap kita upload artikel terbaru. 😘

Berikan Komentar

Lebih baru Lebih lama