Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Berjemur yang Baik

PerawatBaik.com - Assalamualaikum wr.wb. 
Salam sehat dan semangat para sahabat Perawat Baik... 😇 

Di tengah pandemi ini, banyak sekali beredar informasi tentang anjuran berjemur di bawah sinar matahari mulai jam 8 sampai jam 10 pagi guna mencegah Covid19. Ada juga pendapat yang menyatakan untuk berjemur mulai jam 9 sampai jam 11.

Mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari

Tetapi benarkah berjemur dapat mencegah virus corona?
Mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari? 
Benarkah ada perbedaan manfaat berjemur di pagi hari dibandingkan dengan pada waktu yang lainnya?

Nah sahabat, pada tulisan kali ini kita akan bahas semua itu beserta cara berjemur yang baik, cara berjemur yang benar berdasarkan kacamata kesehatan.

Baca juga: Cara Olahraga yang benar di masa Covid19

Manfaat Berjemur

Secara pribadi, kami belum menemukan penelitian terkait berjemur dengan pencegahan Covid19. 
Tetapi memang, ada manfaat berjemur yang dapat dikaitkan dengan pencegahan Covid19, yaitu karena sinar matahari memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh kita.

Seperti halnya tumbuhan yang membutuhkan bantuan sinar matahari untuk membantu pembentukan zat klorofil yang dibutuhkan sebagai bahan makanan dan untuk pertumbuhan, sinar matahari juga mempunyai fungsi membantu proses pembentukan vitamin D pada manusia. 

Sinar matahari akan diserap melalui kulit, dan yang selanjutnya berperan adalah vitamin D dalam tubuh. 

Selain berfungsi sebagai unsur yang penting bagi kesehatan tulang dan gigi dengan meningkatkan kalsium dan fosfor, vitamin D juga bisa sebagai salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan imunitas bila didukung oleh faktor lainnya seperti makanan dengan gizi seimbang dan minum susu.


Cara Berjemur yang Benar

Berjemur di bawah sinar matahari tentu tidak boleh dilakukan secara sembarangan ya sabahat. Ada cara berjemur yang baik yang akan memberikan manfaat bagi tubuh kita.

Berikut ini Perawat Baik bagikan Tips berjemur yang aman bagi kesehatan:
Cara Berjemur yang Benar

1. Memilih waktu

Memilih waktu yang tepat untuk berjemur adalah poin penting, karena berjemur di waktu tengah hari dengan sinar matahari yang terik akan sangat berbahaya bagi kesehatan. 

Waktu berjemur yang baik, yang baku, atau yang ditentukan secara pasti pada jam berapa kita harus berjemur dan tidak boleh berjemur belum penulis temukan. 

Namun saran dari Perawat Baik adalah berjemurlah ketika matahari sudah muncul dan panasnya terasa hangat serta tidak terlalu menyengat kulit. Kondisi sinar matahari seperti ini biasanya terjadi di kisaran jam 7 pagi sampai dengan jam 10. Tapi kembali lagi pada masing-masing daerah ya, intinya ketika panas sudah mulai menyengat dan kulit terasa mulai panas dan merah segera berhenti.

2. Hindari penggunaan pakaian berwarna gelap

Menghindari penggunaan warna gelap karena warna gelap lebih mudah menyerap panas. Gunakan pakaian yang berwarna cerah atau kalem.

3. Perhatikan durasi berjemur

Rentang waktu yang kami sarankan adalah jam 7 sampai dengan jam 10. Dalam rentang waktu tersebut penting memperhatikan durasi waktu dari berjemur. Berjemur di sinar matahari tidak harus berjam-jam, tetapi dengan waktu 15-30 menit sudah cukup. 

Jika memang akan diselingi dengan olahraga ringan seperti jogging, sahabat bisa saja menambah waktu berjemurnya. Namun sahabat juga perlu tahu bahwa berjemur terlalu lama selain akan membuat kulit menjadi kehitaman, juga dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan pada kulit seperti kanker kulit. 

4. Gunakan tabir surya

Tabir surya atau yang biasa dikenal dengan sunblock juga penting untuk digunakan guna mencegah terjadinya kulit terbakar yang menyebabkan kulit menjadi gosong. Penggunaan tabir surya sangat disarankan jika kita akan berjemur di daerah yang terbuka seperti di pantai atau taman. Penggunaannya sebaiknya dilakukan 30 menit sebelum berjemur ya sahabat.

5. Gunakan kacamata dan pelindung lainnya

Penggunaan kacamata ini penting untuk sahabat yang mengalami masalah pada mata, yang dimana jika terkena sinar matahari akan merasa silau bahkan nyeri. Kacamata yang sebaiknya digunakan adalah kaca mata hitam ataupun kacamata anti uv. 

Pelindung lainnya dapat berupa topi yang dapat melindungi wajah kita dari paparan langsung sinar uv. Selain itu juga dapat menggunakan masker untuk mengikuti protokol kesehatan di masa sekarang.

6. Pilih lokasi terbuka dan tidak ramai 

Pilihlah lokasi yang terbuka sehingga sinar matahari akan langsung mengenai tubuh kita. 
Sedangkan lokasi yang tidak ramai bertujuan untuk menghindari interaksi berlebihan dengan orang di sekeliling kita. Terutama di masa Covid19 ini.

7. Jaga jarak aman

Jika memang sahabat ingin berjemur sekaligus ingin melakukan olahraga di tempat yang terbuka usahakan menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak yang aman.

8. Perbanyak minum air putih

Mengkonsumsi air putih berguna untuk mencegah terjadinya dehidrasi, sehingga kulit tidak kering.


Itulah cara berjemur yang baik dari Perawat Baik. Semoga bermanfaat untuk sahabat semua ya. Jika ada pertanyaan, share informasi, atau pengalaman seputar pembahasan kita kali ini, jangan sungkan untuk memberikannya di kolom komentar di bawah ya... 😉 

Jangan lupa juga untuk subscribe lewat email di form Subscribe di bagian paling bawah blog ya... Biar selalu update pemberitahuan setiap kita upload artikel terbaru. 😘

Posting Komentar untuk "Waktu Berjemur yang Baik"

Berlangganan via Email