Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertolongan Pertama pada Kasus Mimisan

Pertolongan Pertama pada Kasus Mimisan
PerawatBaik.com - Keluar darah melalui hidung atau yang biasa di sebut dengan mimisan pasti akan membuat Anda Panik. 

Jangan lupakan Prinsip dari Pertolongan Pertama jika Anda mengalaminya. Jangan Panik... Jangan Sok Tau.

Lalu Selanjutnya? Berikan pertolongan pertama tentunya.

Bagaimana pertolongan pertama pada saat seseorang mengalami mimisan?

1. Duduk lah pada posisi yang tegak dan jangan berbaring atau memposisikan kepala kebelakang. Pada saat posisi kepala condong kebelakang akan menyebabkan darah dari hidung akan masuk ke dalam tenggorokan kita bahkan bisa menyumbat saluran napas yang dapat menambah masalah lain. Dan jika tertelan dapat menyebabkan mual dan bisa jadi malah menambah masalah pada pencernaan Anda.

2. Tekan atau cubit cuping hidung. Menekan atau mencubit cuping hidung anda dengan jari jempol dan telunjuk akan membantu menekan titik perdarahan pada hidung anda. Penekanan dapat dilakukan 5-15 menit. 

3. Jangan bernapas melalui hidung. Pada saat terjadinya mimisan usahakan jangan bernapas melalui hidung; bernapaslah melalui mulut anda. Bernapas melalui hidung dapat menyebabkan darah akan masuk ke dalam saluran pernapasan.

4. Hindari membungkuk atau membuang sesuatu dengan keras seperti bersin dengan hidung. Hal ini gunanya untuk menghindari perdarahan dan perlukaan kembali akibat membuang sesuatu dengan keras melalui hidung.

5. Kompres air dingin. Kompres air dingin bisa dilakukan untuk menghentikan perdarahan tetapi kompres tersebut tidak dimasukkan ke dalam lubang hidung, kompres bisa dilakukan diluar cuping hidung.

6. Jangan memasukkan tisu kedalam hidung. Kebiasaan kita pada saat mimisan adalah memasukkan tisu kedalam hidung, mengapa tidak boleh memasukkan tisu kedalam hidung? 
Tisu adalah bahan yang mudah sobek akibat basah, sehingga dikhawatirkan tisu yang sobek akan tertinggal di dalam rongga hidung yang dapat membahayakan korban. Tisu dapat diganti dengan kasa atau pun kain yang lembut yang tidak terlalu besar kedalam cuping hidung. 
Di kalangan masyarakat kita sering kita temui saran untuk memasukkan daun sirih ke dalam hidung yang mimisan untuk mencegah/ menghentikan mimisan, apakah boleh? 
Boleh. Daun sirih mengandung antibiotik alami, tetapi penggunaannya haruslah dengan  benar dan memperhatikan kebersihannya. Karena jika dalam keadaan kotor dan tidak benar maka akan membahayakan kondisi penderita yang mimisan.

7. Jika dalam waktu 30 menit mimisan tidak segera berhenti maka segera kelayanan kesehatan terdekat, bisa jadi mimisan anda merupakan gejala awal dari masalah kesehatan yang serius.

Semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan, share informasi, atau pengalaman seputar pembahasan kita kali ini, jangan sungkan untuk memberikannya di kolom komentar di bawah ya... 😉

Jangan lupa juga untuk subscribe lewat email di form Subscribe di bagian paling bawah blog ya... Biar selalu update pemberitahuan setiap kita upload artikel terbaru. 😘

Posting Komentar untuk "Pertolongan Pertama pada Kasus Mimisan"

Berlangganan via Email