Memberikan Pertolongan Pertama, Prinsip dan Prosedur

hak cipta gambar oleh pemilik

PerawatBaik.com - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
Bissmillahirrahmanirahim

Salam sehat untuk kita semua. 

Dalam keseharian kita di rumah, di tempat kerja, atau mungkin di jalan, terkadang kita melihat atau berhadapan dengan beberapa kejadian yang melibatkan masalah kesehatan yang tidak terduga terjadi di sekitar kita yang bahkan mungkin kita alami sendiri, misalnya seperti pingsan, mimisan, kejang, kecelakaan, dan sebagainya.

Sering kali pada saat terjadinya, seharusnya masih memungkinkan kita untuk bisa memberikan pertolongan pertama yang sangat berarti bagi penderita tapi malah kita abaikan karena merasa kurang pengetahuan, takut salah, atau alasan lainnya yang mungkin kita rasakan sendiri. Melalui blog Perawat Baik ini, penulis akan berbagi pengetahuan tentang pertolongan pertama yang sebaiknya diketahui oleh masyarakat umum.

Sebelum kita mulai membahas tentang memberi pertolongan pertama, pertama-tama kita perlu mengetahui bahwa ada 2 Prinsip penting dari setiap tindakan pertolongan pertama, yaitu “Jangan Panik” dan “Jangan Sok Tahu”.


1. Jangan PANIK
Mengapa Jangan Panik menjadi alasan pertama dalam kita melakukan pertolongan pertama pada masalah kesehatan? Seseorang yang merasa panik akan merasa bingung dan menjadi tidak sabar atau tidak terkendali emosinya, sehingga seseorang yang merasa panik akan melakukan segala tindakan dengan tergesa-gesa dan tidak dapat berpikir dengan benar. Sehingga tindakan yang sebenarnya “Tahu” menjadi “Tidak Tahu”. 

2. Jangan SOK TAHU
Alasan penting yang kedua adalah “Jangan Sok Tahu”. Kurangnya informasi yang didapatkan oleh seseorang akan mempengaruhi tindakannya dalam mengambil keputusan untuk melakukan pertolongan pertama. Sikap sok tahu dapat mengakibatkan yang awalnya berniat mengurangi masalah malah menambah masalah yang ada. Jika kita kurang pengetahuan atau informasi untuk memberikan pertolongan pertama dalam suatu kejadian tidak terduga, akan lebih baik untuk tidak “sok tahu”.

Jadi, sekarang kita sudah tahu Prinsip Utama dalam memberikan Pertolongan Pertama, yaitu “Jangan Panik” dan “Jangan Sok Tahu”, dengan begitu kita sudah siap untuk mengetahui lebih lanjut tentang melakukan/ memberikan pertolongan pertama jika dibutuhkan di suatu kejadian masalah kesehatan tidak terduga di sekitar kita.

Masalah kesehatan yang mungkin sering kita temui dalam kegiatan sehari-hari di antaranya adalah:
  1. Pingsan   >> Klik disini untuk mengetahui Pertolongan Pertama Pingsan
  2. Mimisan >> Klik disini untuk mengetahui Pertolongan Pertama Mimisan
  3. Demam  >> Klik disini untuk mengetahui Pertolongan Pertama Demam
  4. Kejang   >> Klik disini untuk mengetahui Pertolongan Pertama Kejang


Berikan Komentar

Lebih baru Lebih lama