Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan

hak cipta oleh pemilik foto
PerawatBaik.com - Pingsan biasanya sering terjadi pada saat kegiatan upacara bendera di sekolah-sekolah, sebabnya bisa bermacam-macam misalnya karena terpapar teriknya sinar matahari, belum sarapan, atau faktor lainnya. Faktor lain tersebut bisa berkaitan dengan masalah kesehatan serius yang tidak saya bahas disini. Selain pada saat kegiatan upacara bendera, pingsan juga tak jarang dapat terjadi di tengah keramaian dan di jalan raya.

Pingsan adalah hilangnya kesadaran seseorang secara tiba-tiba. Pingsan dapat terjadi karena kurangnya aliran darah ke otak atau aliran darah ke otak tidak mencukupi. Selain itu pingsan juga dapat mengindikasikan seseorang mengalami masalah kesehatan yang serius.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara memberikan Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan.

Secara singkat gejala awal saat seseorang pingsan adalah:

  • Pucat 
  • Keringat dingin
  • Pandangan kabur
  • Telinga berdenging
  • Tubuh lunglai
  • Terkadang disertai sesak napas

Bagaimana pertolongan pertama pada saat seseorang pingsan?

Ingat selalu setiap poin Prinsip Pertolongan Pertama.
Selanjutnya, Lakukan langkah berikut untuk memberikan pertolongan pertama:

1. Pada saat akan menolong seseorang yang pingsan pastikan dahulu bahwa posisi Anda sebagai penolong harus AMAN. Kenapa Posisi Anda harus Aman, jika seseorang yang pingsan berada di tengah jalan atau keramaian dikhawatirkan akan membahayakan kondisi penolong dan justru akan menambah korban yang pingsan yaitu anda sebagai si penolong. (Untuk pertolongan pertama pada kecelakaan dijalan raya akan di bahas pada bahasan yang berbeda, karena penangannnya akan berbeda dengan pingsan yang biasa). Yup... jika korban pingsan adalah seseorang pada saat upacara atau di tempat yang aman, bisa langsung ke poin selanjutnya.

2. Posisikan dalam keadaan berbaring.

3. Tinggikan bagian kaki lebih tinggi dari kepala. Dengan memposisikan kaki lebih tinggi daripada kepala diharapkan aliran darah ke otak dapat menjadi lancar.

4. Jangan dikerumuni. Buat yang suka pengen tahu kalo ada yang pingsan, hindari untuk ramai-ramai mengerumuni orang yang pingsan. Alasan: Pada saat seseorang pingsan, Ia sungguh membutuhkan ruang dan asupan oksigen yang baik, pada saat orang ramai-ramai hanya melihat, hanya akan menambah panas dan membuat si pingsan kesulitan untuk menghirup oksigen.

5. Longgarkan pakaian yang dipakai oleh korban. Alasan: bisa jadi pingsan disebabkan oleh pakaian yang terlalu ketat, pakaian yang terlalu ketat akan membuat pengembangan pada dada menjadi sulit sehingga sulit untuk menghirup udara.

6. Coba untuk membangunkan korban dengan memanggil namanya dan menepuk pundaknya. (ingat di sini menepuk bukan memukul yaaa.)

7. Saat membangunkan korban lihatlah respon dari korban (apakah terlihat sesak atau semakin pucat).

8. Pada saat seseorang pingsan dan masih dalam keadaan tidak sadar DILARANG memberi makanan atau minuman apapun itu (seperti es teh, susu, kopi, apalagi bakso ke pada korban). Akibat yang dapat timbul dari tindakan memberi makanan atau minuman di poin ini menyebabkan seseorang dapat mengalami tersedak yang akan berakibat pada kematian. Akan ada di sekitar kita yang merasa Sok Tahu datang membawa minuman untuk diberi kepada korban. Jangan biarkan itu terjadi.

9. Jika korban telah sadar dari pingsannya dan sudah dapat diajak komunikasi dengan baik, baru bisa dan boleh diberikan minuman yang manis.

10. Jika korban pingsan saat sadar mengalami kelinglungan, kesulitan berbicara, kelemahan pada salah satu anggota gerak, bibir memberot, segera bawa ke layanan kesehatan; bisa saja itu merupakan gejala terjadinya masalah kesehatan yang serius.

11. Jika dalam waktu 30 menit korban pingsan tidak sadar segera bawa ke layanan kesehatan terdekat; bisa jadi pingsan yang terjadi bukan karena pingsan biasa tetapi karena disebabkan oleh adanya penyakit serius

Itulah cara memberi pertolongan pertama pada orang pingsanJika ada pertanyaan, share informasi, atau pengalaman seputar pembahasan kita kali ini, jangan sungkan untuk memberikannya di kolom komentar di bawah ya... 😉

Jangan lupa juga untuk subscribe lewat email di form Subscribe di bagian paling bawah blog ya... Biar selalu update pemberitahuan setiap kita upload artikel terbaru. 😘

Berikan Komentar

Lebih baru Lebih lama