Cara Bayar Iuran PPNI Online

PerawatBaik.com - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Bagaimana kabarnya sahabat Perawat Baik hari ini? Sehat-sehat semuanya kan? Semoga kita selalu sehat di tengah wabah covid-19 ini.

Kali ini Perawat Baik bikin artikel khusus untuk sahabat perawat semua anggota PPNI, berkaitan dengan iuran PPNI, yaitu Cara bayar iuran PPNI online.

Sebelum kita membahasnya pasti sudah familiar kan dengan kata PPNI? (Para calon perawat, sudah tau belum ni? hihiihiii). PPNI adalah singkatan dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia, yaitu Organisasi yang menaungi Perawat. Selayaknya organisasi lain, di PPNI juga setiap anggota melakukan iuran tahunan. Hayooooo sahabat Perawat Baik sudahkah membayar iuran PPNI? Rutin nggak nih setiap tahun bayar iuran PPNI? 😁

Cara Bayar Iuran PPNI Online

Iuran PPNI

Mulai tahun 2018, pembayaran iuran PPNI dilakukan dengan sistem online yaitu menggunakan Virtual Acount (selanjutnya akan kami singkat menjadi VA). Sistem online ini akan memudahkan setiap anggota PPNI dalam melakukan pembayaran secara mandiri. Selain itu bisa juga mengajukan perpanjangan STR dengan melalukan upload berkas-berkas melalui akun PPNI kita sendiri. 

Namun sayangnya kemudahan akses online ini tidak dipahami oleh semua anggota PPNI terutama cara pembuatan VA ini, bisa jadi karena kurangnya sosialisasi ataupun kurangnya kemauan dari anggota PPNI itu sendiri. Nah, melalui artikel ini Perawat Baik akan membagikan informasi yang kami dapatkan saat mengikuti TOT yang diberikan oleh PPNI, semoga bermanfaat.


Virtual Account PPNI

Berikut ini kami sampaikan tata cara membuat Virtual Account PPNI ya:

1. Menjadi Anggota PPNI

Syarat wajib membuat VA adalah menjadi anggota PPNI dibuktikan dengan adanya No NIRA dan kartu NIRA seperti contoh:

kartu anggota ppni perawatbaik.com

Kartu ini sebagai contoh kartu contoh ke anggotaan PPNI. Dalam kartu PPNI ini berisikan data nomor keanggotaan, nama, alamat, provinsi, kota dan masa berlaku kartu. Yang perlu kita ingat adalah Nomor Anggota yang akan digunakan untuk login pada situs PPNI.

2. Masuk pada situs resmi PPNI

Sahabat Perawat Baik mungkin sering bingung mencari di google situs PPNI ini, dengan mengetik ppni inna, ppni inna org, atau simk ppni. Naaah... mulai sekarang boleh dicatat nih ya alamat resmi situs PPNI yaitu https://ppni-inna.org/

Nah, silakan sahabat buka situs tersebut. Tampilannya seperti di bawah:

Cara Bayar Iuran PPNI Online perawatbaik.com

Setelah itu klik menu "Membership" yang di sebelah kanan itu ya.

3. Login

Setelah kita klik menu “Membership” maka akan keluar tampilan “LoginBox”.
Kolom “username” isi dengan Nomor Keanggotaan PPNI dan “password” isi dengan password masing-masing dari kita. 

Cara Bayar Iuran PPNI Online

(Untuk keanggotaan baru passwordnya terdapat pada kiriman email awal pendaftran atau menghubungi Komisariat PPNI masing-masing).

Setelah login, sahabat akan masuk ke Private Area seperti ini. Halaman ini berisikan data nama, PPNI komisariat DPK, kemudian ada informasi kegiatan PKB yang kita lakukan.

Cara Bayar Iuran PPNI Online


4. Menu Pengaturan Akun

Setelah masuk ke dalam akun kita, selanjutnya klik  “Pengaturan Akun”.

Cara Bayar Iuran PPNI Online

dan akan tampil laman berikut:

Cara Bayar Iuran PPNI Online

Di dalam “Pengaturan Akun” ada isian tentang Pengaturan Email, Pengaturan Username dan Pengarturan Password; silakan sahabat isi. Saya selalu mengingatkan teman-teman untuk wajib mengisi email karena semua layanan PPNI nanti akan dikirim melalui email. Jadi isilah alamat email yang aktif dan benar. Untuk pengaturan informasi pribadi silahkan disesuaikan dengan data pribadi sahabat.

Untuk penjelasan lainnya akan kami bahas terpisah.

Oke selanjutnya....

5. Pilih Menu "Data Virtual Account"

Cara Bayar Iuran PPNI Online

Selanjutnya pilih tahun iuran, jika kita belum membayar iuran tahun 2020 klik menu dropdown dan pilih tahun 2020 kemudian klik “create VA”.

Cara Bayar Iuran PPNI Online

Nah nomor VA sudah keluar beserta besaran iuran yang harus kita bayar. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM dengan cara transfer ke Bank BNI atau datang langsung ke Bank BNI untuk pembayaran secara Tunai.

Selain itu silahkan cek email sahabat untuk memastikan tagihan dari PPNI, lengkap seperti yang ada di akun PPNI kita tersebut seperti contoh milik saya:

Cara Bayar Iuran PPNI Online

Untuk VA sendiri ada masa berlaku/ tanggal jatuh temponya. Tanggal pengajuan dan tanggal jatuh tempo adalah 7 hari. Silahkan sahabat membayar sebelum tanggal jatuh temponya. Jika lewat dari tanggal jatuh tempo maka kita wajib membuat VA yang baru lagi.

Jika kita sudah melakukan pembayaran maka secara otomatis akan muncul tanda hijau di tepi kiri tahun pembayaran yang artinya sudah di bayar.

Setelah semua selesai jangan lupa untuk logout ya...


Nah... itulah Cara Bayar Iuran PPNI Online berdasarkan pengalaman PerawatBaik.com.
Mudah kan cara pembayaran iuran PPNI melalu VA ini? Jadi jangan telat bayar iuran ya, apalagi sampai nunggak bertahun-tahun, karena semakin banyak menunggak total tagihan akan semakin besar dan terasa akan semakin berat.

Silahkan share pengalaman sahabat Perawat Baik dalam melakukan pembayaran VA nya. 
Oh ya... Jangan lupa subscribe lewat email di pojok kanan bawah ya... Biar selalu update pemberitahuan setiap kita upload artikel terbaru. 😘

Berikan Komentar

Lebih baru Lebih lama