Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seputar Isolasi Mandiri Covid19 di Rumah bagi Orang Tanpa Gelaja

PerawatBaik.com - Assalamualaikum wr.wb. 
Salam sehat dan semangat para sahabat Perawat Baik... 😇 
Semoga kita selalu sehat di tengah wabah Covid19 ini, dan semoga wabah ini segera berlalu. Amin...

Covid19

Saat artikel ini ditulis, 23 Oktober 2020, kasus penderita Covid19 sebesar 382.000 yang mengalami penambahan sebesar 4.432, dengan jumlah pasien yang sembuh 305.000, dan kasus meninggal dunia sebesar 13.077 dengan jumlah penambahan kasus 102 orang. Jumlah yang sangat besar... yang mana di antara penderita itu terdapat tenaga kesehatan yang terkonfimasi Covid19

Sudah menjadi resiko pekerjaan bagi tenaga kesehatan menghadapi dan merawat pasien dengan Covid19. 
Beberapa dari tenaga kesehatan tersebut ada yang sembuh dan ada juga yang meninggal dunia dikarenakan adanya penyakit penyerta maupun sebab lainnya. 

Melihat dari kenaikan jumlah yang sangat luar biasa hari ini, membuat kita harus selalu waspada dan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

Kali ini Perawat Baik akan membagikan sedikit informasi mengenai isolasi mandiri di rumah bagi orang tanpa gejala (OTG). Isolasi mandiri di rumah bukan berarti hanya berdiam diri tanpa melakukan kegiatan apapun di rumah, mandi sehari sekali, dan hanya berbaring main hp di rumah. 

Tetapi bukan juga OTG berarti bebas melakukan aktivitas di rumah. 
Ada beberapa aktivitas yang masih bisa dilakukan OTG di rumah dengan aman tanpa menularkan kepada keluarga yang lain. Tetapi meskipun begitu, kita tetap harus waspada ya. 

Sebelum memulai tipsnya perlu kami tekankan dan harus kita pahami tentang penyebaran Covid19 atau Corona ini.


Media Penyebaran Covid19

1. Pernapasan

Melalui pernapasan artinya adalah saat seseorang terkonfirmasi Covid19 bisa saja melepaskan virus saat berbicara, bersin, dan batuk. Inilah mengapa penting bagi kita menggunakan masker, baik untuk yang sakit maupun yang sehat.

2. Permukaan

Permukaan artinya ketika orang lain menyentuh permukaan barang ataupun hal lainnya yang terkena infeksi Covid19, kemudian orang tersebut menyentuh mata, hidung dan mulut. Virus dapat menginfeksi orang tersebut.

3. Aerosol

Aerosol merupakan bagian partikel yang kecil yang tertinggal di udara, bisa jadi dapat berupa uap-uap pada saat dilakukan nebulisasi, selain itu bisa juga dari asap rokok. 

Selanjutnya mari kita bahas tentang tips isolasi mandiri atau yang sering kami sebut dengan Isman.


Isolasi Mandiri Covid19

1. Berdoa dan beribadah

Berdoa dan beribadah merupakan hal yang penting untuk kita, karena dengan berdoa dan beribadah memberikan kita kekuatan untuk menghadapi Covid19. Tuhan lah yang memberikan kita kesembuhan.

2. Selalu bahagia

Pada saat kita dinyatakan terkonfirmasi pasti akan mengalami fase denail dan tidak sedikit yang syok, bahkan ada juga yang stress dan menangis-nangis. Boleh saja kita sedih dan menangis tetapi jangan sampai berlarut-larut. Buatlah selalu hati menjadi bahagia dan bersyukur, selalu tersenyum. Dengan kita merasa bahagia akan meningkatkan imunitas. 

3. Ruangan

Hal yang sangat penting bagi kita saat memutuskan isolasi mandiri di rumah adalah ruangan yang terpisah dari anggota keluarga lainnya agar menghindarkan resiko penularan kepada keluarga. 
Usahakan ruangan untuk penderita dibuat atau diperuntukkan khusus hanya penderita sendiri di dalam ruangan tersebut. 

4. Sirkulasi

Saat kita dinyatakan terkonfirmasi Covid19 dan memastikan kita akan isolasi mandiri di rumah, hal terpenting yang perlu kita perhatikan adalah sirkulasi yang ada di dalam rumah. 
Sirkulasi disini artinya adalah pertukaran udara yang ada di dalam ruangan berlangsung baik. Sebaiknya ruangan memiliki jendela, dan jendela di buka pada saat pagi, siang, dan sore hari. 
Selain untuk pertukaran udara, dengan membuka jendela dapat membuat sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

5. Menggunakan masker

Menggunakan masker tetap harus dilakukan pada saat kita isolasi mandiri di rumah; terutama pada saat kita keluar dari ruangan dan berbicara. Setelah menggunakan masker lepaskan dengan cara memegang tali bagian belakang masker dan buang di larutan Chlorin atau air sabun dan kemudian cuci tangan dengan teknik yang benar.

6. Menjaga kebersihan diri

Meskipun isolasi mandiri di rumah dan aktivitas hanya terbatas di dalam ruangan bukan berarti kita jadi malas membersihkan diri. Tetap lakukan kebersihan diri dengan minimal mandi dua kali sehari dan tetap menggunakan sabun. Lakukanlah kebersihan diri seperti pada saat kita tidak terkena Covid19.

7. Makan makanan bergizi dan Vitamin

Penting sekali bagi penderita terkonfirmasi positif Covid19 menjaga kesehatan tubuh untuk meningkatkan imun kita. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan ditambah dengan multivitamin tambahan akan sangat membantu. Selain Vitamin dari sayuran dan buah, kita dapat mengkonsumsi tambahan Vitamin C, Vitamin B, Vitamin D, dan Zinc.

8. Olahraga

Meskipun kita sedang isolasi mandiri, bukan berarti kita tidak perlu berolahraga. 
Olahraga disini bukan berarti olahraga bebas di tengah kerumunan orang ya sahabat baik. Olahraga disini adalah olahraga di sekitaran rumah dan di halaman terbuka dan terkena cahaya matahari. Penting juga untuk mengusahakan pada saat olahraga tidak berdekatan dengan anggota keluarga yang lainnya dan usahakan tetap menggunakan masker.

9. Memisahkan barang yang digunakan

Usahakan untuk memisahkan barang peralatan makan, pakaian, dan peralatan mandi tidak tercampur dengan anggota keluarga yang lainnya. Usahakan setiap barang yang digunakan dicuci dengan cara direndam terlebih dahulu dengan detergen. Selain itu hindari untuk berbagi barang bersama yang lainnya.

10. Membersihkan permukaan yang terkena pasien

Maksud dari membersihkan permukaan disini adalah membersihkan daerah yang terkena atau curiga tersentuh oleh penderita. Seperti gagang pintu, lantai, toilet jika toilet jadi satu dengan anggota lainnya.

11. Hindari adanya pengunjung

Ingatlah penderita Covid19 bukan suatu penyakit yang bisa dijengguk. Sehingga lebih baik tidak ada pengunjung yang datang.

12. Mengecek kesehatan diri

Mengecek kesehatan diri sendiri sangat penting kita lakukan. Dengan mengetahui kesehatan kita, dapat membantu kita menghindari gejala yang membahayakan diri. Selalu perhatikan kesehatan kita, jika memiliki gejala segera ke layanan kesehatan yang memiliki ruangan isolasi untuk mendapatkan perawatan. Selain itu penting juga memperhatikan kesehatan anggota keluarga lainnya, agar semua dapat terpantau.

13. Rajin mencuci tangan

Tetap selalu cuci tangan dengan teknik yang benar untuk menghindari penularan Covid19.


Waahhh ternyata banyak juga ya yang harus kita lakukan pada saat isolasi mandiri di rumah, dan ini belum semuanya lho Sahabat Perawat Baik. Jika dari sahabat ada pengalaman yang bisa dibagikan boleh dishare di kolom komentar ya... Sehingga dapat membantu memberikan masukan dan informasi kepada mereka yang sedang diisolasi mandiri.

Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menghadapi Covid19 ini. 
Selalu terapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan yang mengharuskan kita bekerja di luar guna melindungi diri kita, keluarga, dan orang lain.

Nah Sahabat, itulah Seputar Isolasi Mandiri Covid19 di Rumah bagi Orang Tanpa Gelaja. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, share informasi, atau pengalaman seputar pembahasan kita kali ini, jangan sungkan untuk memberikannya di kolom komentar di bawah ya... 😉 

Jangan lupa juga untuk subscribe lewat email di form Subscribe di bagian paling bawah blog ya... Biar selalu update pemberitahuan setiap kita upload artikel terbaru. 😘

Posting Komentar untuk "Seputar Isolasi Mandiri Covid19 di Rumah bagi Orang Tanpa Gelaja"

Berlangganan via Email