Alergi dan Cara Mengatasi Alergi

PerawatBaik.com - Assalamualaikum wr.wb. 
Salam sehat dan semangat para sahabat Perawat Baik... 😇 

Sahabat pernah nggak sih lagi enak-enaknya menikmati makanan tiba-tiba badan rasanya gatal, bahkan terasa seperti terbakar?  Hal ini terjadi pada author beberapa hari yang lalu, sedang enak makan, tiba-tiba muncul reaksi alergi yang bikin panik rasanya. 😅 

Cara Mengatasi Alergi

Reaksi alergi pada setiap orang bisa berbeda-beda dan penyebabnya juga bermacam-macam. Reaksi alergi dapat dimulai dari yang ringan hingga yang mengancam nyawa jika tidak segera mendapatkan penangan yang tepat. 😐

Nah... Kali ini Perawat Baik akan membahas apa itu alergi, penyebab alergi, gejala atau ciri-ciri alergi, serta cara mengatasi alergi yang dapat kita lakukan di rumah sebagai pertolongan pertama.


Alergi

Alergi adalah suatu respon tubuh terhadap suatu hal yang membahayakan tubuh kita. Di dalam tubuh kita terdapat semacam tentara yang hebat yang disebut sebagai sistem imun, dimana mereka ini akan mengenali penyebab alergi yang dapat mengganggu tubuh kita, sehingga tentara ini akan berusaha memproteksi diri kita dengan caranya dengan memberikan signal pada tubuh agar kita kenali dan diatasi dengan penanganan yang tepat.

Waaaahh sungguh hebat ya tubuh kita dalam tugasnya melindungi tubuh kita dari bahaya. 
Dengan adanya sistem imun ini, maka tubuh kita akan terhindar dari bahaya besar dari alergi ini. 

Mari kita sejenak mengucapkan syukur kepada Tuhan atas karuniaNya dalam melindungi tubuh kita selalu sehat. 😇


Penyebab Alergi

Benda-benda yang dapat menjadi penyebab alergi kita sebut sebagai Alergen. 
Penyebab ini dapat bermacam-macam jenisnya dan terkadang juga sesuatu hal yang tidak kita sangka-sangka. 

Pada artikel kali ini, kita akan menjelaskan penyebab alergi yang biasanya terjadi di lingkungan sekitar kita yaa sahabat.


Alergi Makanan

Alergi makanan terjadi ketika tubuh berespon terhadap suatu zat seperti misalnya protein yang berlebihan ataupun zat yang membahayakan tubuh bagi beberapa orang, seperti si mimin kita nih... alergi udang dia...

Gejala alergi makanan biasanya akan muncul dalam hitungan menit, bisa juga munculnya dalam hitungan jam tergantung dari respon tubuh kita masing-masing. Bahkan ada juga lho yang reaksi alerginya muncul walau hanya mencium aroma makanan tertentu tanpa perlu memakannya, sungguh tubuh kita sangat-sangat memproteksi diri kita ya sahabat...

Beberapa jenis makanan yang biasanya menjadi penyebab alergi:
  1. Seafood (Udang, kerang dan ikan)
  2. Jenis kacang-kacangan
  3. Coklat 
  4. Telur 
  5. Sayur-sayuran tertentu
  6. Bumbu makanan
  7. dll.

Gejala atau Ciri-Ciri Alergi Makanan

  1. Batuk, pilek, hidung tersumbat
  2. Kepala pusing
  3. Mual muntah
  4. Sakit perut
  5. Diare 
  6. Gatal-gatal pada tubuh
  7. Bentol-bentol
  8. Mata bengkak, bibir
  9. Sekujur tubuh kemerahan bahkan bengkak
  10. Sesak napas
  11. Kesulitan menelan
  12. Jantung berdebar-debar
  13. Keringat dingin
  14. Kehilangan kesadaran
  15. Pandangan kabur
  16. Syok 
Secara singkat itulah respon tubuh terhadap alergi makanan dan mungkin masih ada gejala lainnya lagi.


Penanganan atau Cara Mengatasi Alergi Makanan

Perlu kita mengingat prinsip dasar penangan pertama yang sebelumnya kita bahas pada artikel Prinsip dan Prosedur Pertolongan Pertama yaitu “Jangan Panik, Jangan Sok Tahu”.

1. Mengetahui penyebab alergi

Hal penting yang harus kita lakukan di awal adalah mengetahui penyebab dari terjadinya alergi makanan ini, sehingga pada saat kita tiba-tiba mengalami gejala alergi kita perlu mengingat jenis makanan yang kita konsumsi terakhir kali ataupun makanan dalam satu harian yang dapat menyebabkan respon alergi.

2. Menghindari penyebab alergi

Setelah mengetahui penyebab alerginya maka kita dapat menghindari alergi tersebut.

3. Perbanyak minum air putih

Memperbanyak minum air putih berguna untuk membantu tubuh agar tidak dehidrasi dan mengatasi syok yang terjadi sampai kita mendapatkan pertolongan selanjutnya.

4. Konsumsi obat anti-alergi

Konsumsi obat-obatan ini perlu perhatian ekstra ya, jangan membeli obat sembarangan dan tidak jelas, karena justru bisa membahayakan diri kita. Pada artikel terdahulu kita pernah menjelaskan tentang “Arti Lambang Obat”, bisa sahabat lihat kembali agar dapat memperoleh jenis obat yang tepat. Pada alergi tertentu, sahabat perlu berkonsultasi dengan dokter, terutama jika reasksi alergi itu terasa parah dan belum pernah sahabat rasakan sebelumnya.

5. Tidak menggaruk bagian yang gatal

Pada saat alergi makanan, seringkali kita akan mengalami gatal dan ruam pada kulit, sangat tidak dianjurkan untuk menggaruk pada bagian yang gatal karena memicu terjadinya ruam yang semakin parah dan bisa saja tanpa sadar pada saat menggaruk terjadi perlukaan pada area kulit. 

Solusinya kita bisa memberikan lotion ataupun minyak yang mengandung mint, tentunya jika kita juga tidak memiliki alergi terhadap jenis lotion ini ya sahabat.


Lanjutkan membaca: Cara Mengatasi Alergi Dingin

Nah sahabat, sekian dulu artikel kali ini tentang Alergi dan Cara Mengatasi Alergi. Semoga bermanfaat yaaa. 

Jika ada pertanyaan, share informasi, atau pengalaman seputar pembahasan kita kali ini, jangan sungkan untuk memberikannya di kolom komentar di bawah ya... 😉 

Jangan lupa juga untuk subscribe lewat email di form Subscribe di bagian paling bawah blog ya... Biar selalu update pemberitahuan setiap kita upload artikel terbaru. 😘

Berikan Komentar

Lebih baru Lebih lama