Kisi-Kisi TWK dan Tips Mengerjakan TWK - Tips CPNS 2019 (Part 3)

perawatbaik.com

PerawatBaik.com - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Salam sehat dan semangat para sahabat... 😀

Masih seputar impian sebagian besar warga negara Indonesia, menjadi PNS.😁 
Selain karena mengabdi pada negara, seorang PNS juga diberi beberapa fasilitas, seperti Gaji yang pasti setiap bulannya, Tunjangan PNS, fasilitas tempat tinggal bahkan kendaraan dinas, dan yang selalu menjadi andalan adalah tetap mendapatkan pensiunan walau sudah tidak bekerja. 
Siapa coba yang ga mau mendapatkan fasilitas itu semua?
Tetapi kita tahu untuk menjadi PNS tidaklah mudah... Tapi tenang... ada PerawatBaik disini... hihihi...

Kalau pada bahasan sebelumnya membahas secara umum Tips mengerjakan Tes SKD dan SKB, kali ini kita akan membahas Tips mengerjakan Soal TWK

Ambang Batas Nilai CPNS 2018

Yang tahun sebelumnya sudah pernah ikut Tes CPNS pasti udah gak asing lagi dong sama TWK?
Tes Wawasan Kebangsaan; Menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 pada Pasal 3 menjelaskan bahwa nilai ambang batas SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) CPNS tahun 2018 adalah:
a. 143 untuk Tes Karakter Pribadi (TKP)
b. 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU)
c. 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Ambang batas TWK adalah 75 untuk dapat dinyatakan lulus, yaaa memang nilainya tidak sebesar TKP tapi akan sangat mempengaruhi jika kita kekurangan satu nilai saja.

Untuk soal TWK yang berjumlah 30 soal dengan estimasi nilai Benar adalah 5 maka kita wajib benar menjawab soal sebanyak 15 soal. Jadi saat tes harus memikirkan target di atas nilai betul tersebut. Tes TWK ini adalah tes favorit dari mimin lhooo,,, hahahaha

TWK ini akan melihat kemampuan kita dalam wawasan kebangsaan kita, namanya juga udah wawasan kebangsaan ya sudah pasti tesnya seputar tentang negara kita Indonesia. Yaa kan mau jadi abdi negara masa iya sama sejarah dan negaranya sendiri gak kenal dan gak tau, gimana mau mengabdi kan? Istilahnya ya “Tak Kenal Maka Tak Sayang” makanya penting banget kita mengenal tentang Negara kita ini sebelum mengabdikan diri.

Yukkss ikuti tips lulus CPNS dari Perawat Baik biar lulus tes CPNS tahun 2019 ini ya... 

Perhatikan Kisi-kisi dan Tips Tes Wawasan Kebangsaan berikut:

Pasti ada yang bertanya dapat dari mana ni kisi-kisi TWK? Jangan-jangan mimin adalah pembuat soal tes. Hahaha . . .
Bukan donk pastinya Kisi-kisi TWK ini adalah menurut analisa dari penulis ya setelah mengikuti tes CPNS kemarin dan dari hasil pengamatan contoh-contoh soal. Untuk soal-soal TWK ini banyak kok dijual ataupun cari di website, bahkan banyak aplikasi di playstore juga banyak kan.

a. Pancasila 
Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, ingat bro dan sista wajib dan kudu hapal mati deh sama yang namanya Pancasila ini, bagi yang belum hapal monggo, silahken hapalkan dengan sebaik-baiknya.

Selain kudu hapal Pancasila, kita juga harus tau dan paham bagimana pengamalan dari Pancasila tersebut, dimulai dari pengamalan sila pertama sampai sila kelima!

Mimin kasi contoh deh:
Menghormati antar umat beragama dan memberikan kebebasan dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing merupakan pengamalan sila ke. . . .

Ini hanya contoh yaaa. Pasti tau donk jawabannya kan.
Dan yang harus diingat adalah Pancasila sebagai Dasar Negara, dan ditempatkan juga sebagai sumber dari segala hukum yang ada di Indonesia, Pancasila sebagai Ideologi Negara, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, dan Pancsila sebagai Pemersatu Bangsa.

Sebagai bahan tambahan bacaan boleh deh dibaca sejarah terbentuknya Pancasila, tapi kalo untuk dihapal gak harus kok. Kan mau jadi abdi negara ya harus tau donk sejarah dari terbentuknya Pancasila.


b. Undang-Undang 
Tidak seperti Pancasila, Undang-undang Negara kita Indonesia sangat banyak dan mungkin kita akan kesulitan untuk menghapalnya, tetapi yang perlu diingat adalah disini yang wajib kita pahami dan setidaknya ada hapal adalah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; dan yang perlu dihapal setidaknya alenia pertama dari Undang-Undang ya.

Sebagai bahan tambahan bacaan boleh deh dibaca sejarah terbentuknya undang-undang, tapi kalo untuk dihapal gak harus juga kok. Kan kita warga negara Indonesia udah seharusnya tau kan, masa iya mau jadi abdi negara sama sejarahnya aja gak tau kan??? Hehehehe


c. Bhineka Tunggal Ika
Hayooo siapa yang masih gak tau apa tu Bhineka Tunggal Ika???
Kalo ada yang gak tau mau bilang apa mimin ni? Masa iya mau harus balik ke SD lagi, hahahha...

Baiklah... yang perlu kita pelajari dari Bhineka Tunggal Ika ini adalah pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi memang harus mengerti dulu tentang artinya ya. . . .


d. Negara Kesatuan Republik Indonesia 
Pasti gak asing lagi donk ya tentang Istilah NKRI? Udah sering banget kan dengar kata-kata "NKRI Harga Mati".

Penting banget ini kita pelajari sebagai seorang yang akan mengabdikan diri kepada Negara. Poin penting yang perlu kita pelajari tentang NKRI adalah dimulai dari sejarah, kemudian hubungan kaitan dengan Pancasila dan Undang-Undang. Selain itu juga perlu kita pahami adalah upaya-upaya dalam menjaga Kesatuan dan Persatuan Negara Indonesia. Hal-hal apa saja yang dapat merusak NKRI; Kemudian nilai-nilai yang kita pertahankan dalam menjaga keutuhan NKRI.

Yaaa sekali lagi mimin sampaikan, kan mau jadi Abdi Negara, sudah seharusnya menjaga keutuhan NKRI kan?


Nah itulah Kisi-Kisi dan Tips untuk mengerjakan TWK dari Perawat Baik. Semoga dapat membantu sahabat perawat baik dalam belajar TWKnya ya.
Sedikit si kisi-kisi dari kita, tapi ketika dipelajari dan dijabarkan akan sangat banyak dan luas banget deh,, yaaa mulai sekarang yang hobinya baca novel atau komik, main game bolehlah baca sejarah-sejarah Indonesia, biar makin siap menghadapi tesnya dan makin kenal dan cinta sama Indonesia. 😇

Ditunggu cerita dan pengalamannya dari sahabat semua selama mengikuti tes CPNS yaaa....
Jangan lupa subscribe lewat email di pojok kanan bawah ya... Biar selalu update pemberitahuan setiap kita upload artikel terbaru. 😘

Berikan Komentar

Lebih baru Lebih lama