Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips CPNS (Part 2) - TEST SKD & SKB

perawatbaik.com

PerawatBaik.com - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Salam sehat dan semangat para sahabat Perawat Baik...

Seperti yang penulis sampaikan sebelumnya, penulis akan membagikan tips berdasarkan pengalaman saat menghadapi tes SKD & SKB pada saat penerimaan CPNS tahun 2018, yang moga-moga tips ini dapat membantu sahabat Perawat Baik pada saat akan menghadapi tes SKD & SKB 2019 ataupun di waktu ke depan ya😁.... daaaaan semoga lulus dengan hasil yang baik. Aaaamiiin... 😇

Untuk sahabat Perawat Baik mungkin sudah pernah ada yang mendaftar CPNS tahun 2018, seperti yang penulis bahas pada tips menghadapi tes cpns bagian pertama bahwa menurut UU No 5 Tahun 2014 Pasal 1 Ayat 3 dan 4 bahwa untuk menjadi ASN harus melewati syarat yang telah ditentukan oleh pemerintah salah satunya adalah melewati tes SKD & SKB. 

Pada saat penulis menjalani test menggunakan sistem CAT (Computer Asissted Test) jadi pada saat test, penulis menggunakan media Komputer. Yaaa namanya juga sudah perkembangan zaman yang modern, gak perlu ribet bawa pensil 2B, penghapus, penggaris pada saat test dan was-was saat ujian nanti hasilnya gak kebaca. Udah canggih broo and siss. Tapi terkadang kecanggihan ini juga masih ada yang gagal paham atau gak bisa menggunakan komputer. 

Satu hal yang paling penting saat test menggunakan sistem CAT ini adalah “Memperhatikan dengan seksama video arahan penggunaan CAT”. Kebanyakan dari kita mungkin merasa malas sekali melihat secara berulang-ulang dengan alasan membosankan, tapi lihatlah sampai bosan, sampai hapal, sampai benar-benar paham. hihihihiii....

Menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 pada Pasal 3 menjelaskan bahwa nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar cpns tahun 2018 adalah:
  1. 143 untuk tes karakter pribadi
  2. 80 untuk Tes intelegensia umum
  3. 75 untuk tes wawasan kebangsaan.

Banyak teman-teman penulis yang gugur di nilai TKP karena soalnya panjang-panjang dan kehabisan waktu. Gimana dong caranya biar gak kehabisan waktu saat tes? Penulis akan membagikannya berdasarkan pengalaman, karena pada saat tes alhamdulillah penulis masih memiliki sisa waktu.

Baik lah kita mulai tipsnya yaa,,, jangan malas membaca secara utuh yaa, ingatlah pada saat tes nanti soal TKP akan panjang-panjang dengan waktu yang lumayan singkat.

Berikut tips-tips canggih dari Penulis 😄:

1. Berdoa
Berdoa tetap kita lakukan untuk setiap memulai akan mengikuti test SKD & SKB. Seperti bahasan sebelumnya bisa di baca kembali ya...

2. Belajar 
Seperti pembahasan sebelumnya hal yang perlu kita siapkan adalah belajar, boleh kembali dibaca tips sebelumnya yaa, jadi penulis tidak membahasnya kembali.

3. Survei Lokasi Ujian
Survei lokasi ini penting kita lakukan terutama bagi pendatang yang mengambil tes di tempat lain atau tempat ujian yang kurang familiar bagi kita. Pada saat jadwal ujian sudah ditentukan segeralah untuk mencari lokasinya agar pada saat akan tes kita tidak terburu-buru karena harus mencari lokasinya.

4. Jangan Lupa Sarapan dan Buang Air 😂
Sarapan sangat penting sebelum menghadapi test, karena pada saat test kalian pasti membutuhkan energi yang banyak untuk berpikir, belum lagi rasa deg-degan dan stress yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. 
Selain itu saking stressnya, kita pencernaan pun menjadi lancar mulailah rasa ingin Buang Air Besar ataupun Buang Air kecil muncul. Penting untuk Buang Air terlebih dahulu agar tidak mengganggu konsentrasi saat mengerjakan soal. Karena pada saat tes kita tidak diizinkan untuk keluar ruangan selain itu kita sedang bermain dengan waktu, sayang banget waktu yang ada jadi terbuang untuk ke toilet... 😅

5. Datang 1 Jam sebelum Test
Pada saat pengumuman jadwal tes pasti sudah ditentukan untuk waktu tesnya, dan pasti ada aturan untuk datang satu jam sebelum tes. Beneran deh patuhi itu aturan, datanglah satu jam sebelumnya dan segera duduk di tempat tunggu dengan tenang.

6. Persiapkan Kartu Ujian, KK atau KTP
Penting untuk mempersiapkan kartu ujian, KK atau KTP saat malam sebelum hari test. Simpan dengan baik dan bawalah saat ujian. Pengalaman penulis, selain kartu ujian dan Ktp tidak boleh ada yang dibawa masuk, termasuk kalung, cincin, anting-anting, apalagi handphone. Semua barang dikumpulkan kepada panitia. Yaaa selama itu deh gak merasakan pegang hp dengan perasaan deg-degan pastinya.

7. Ikuti Arahan Panitia
Penting mengikuti arahan dari panitia disini adalah agar tidak terjadi kesalahan. 

8. Perhatikan dengan benar vidio arahan pengisian sistem CAT
Sebelum memulai ujian, kita akan masuk ke ruang tunggu dan pengecekan kartu ujian dan KTP, serta akan diberi pin untuk login. Pada saat menunggu waktu ujian kita akan menonton vidio tutorial ujian dengan sitem CAT, perhatikan dengan seksama sehingga tidak akan ada kesalahan dalam pengisian pada saat ujian nanti.

9. Pilihlah tempat duduk ujian Paling Depan
Pada saat ujian, biasanya orang akan malas untuk duduk paling depan, entah dengan alasan apa pun, sehingga saran dari penulis pilihlah lokasi duduk paling depan kalau perlu di depan pengawas. Penulis pada saat ujian duduk paling depan untuk memudahkan dalam konsentrasi dan menghindari pengaruh dari yang lainnya. Percayalah tidak akan sempat untuk lirik-lirik kiri dan kanan. 😂😂

10. Isilah semua Soal
Penting untuk mengisi semua soal tanpa harus melewatkannya, meskipun kita tidak bisa mengerjakannya, isilah soal dengan pilihan yang dirasa benar. Kemudian catat nomor soal yang menurut kalian jawabannya ragu di kertas coret-coret. Kemudian lanjutkan ke nomor selanjutnya. Jangan berkutat terlalu lama menghitung soal hitungan yang sulit. 

11. Biasakan membaca Cepat 
Banyak teman penulis yang gugur di TKP dan menanyakan bagaimana penulis bisa lulus TKP. Untuk soal TKP penulis memiliki tips khusus, karena semua jawabannya adalah benar tergantung dari pada poinnya masing-masing, penulis memilih langsung membaca pilihan gandanya ketimbang soalnya dan langsung menentukan jawaban tanpa membaca soal. Sedikit aneh tapi itu membantu mempercepat pengerjaannya. Pilihlah jawaban sesuai dengan anda, tidak harus memilih jawaban yang kesannya baik banget dan tidak juga memilih jawaban yang terlalu jahat. Jadi sesuaikan saja jawabanya dengan karakter anda. Karena poin utama TKP adalah kepribadian kita.

12. Jangan lirik kanan dan kiri
Yang hobi lirik-lirik kesana-sini saat ujian, jangan lirik-lirik deh... Itu akan membuyarkan konsentrasi kita ketika melihat jawaban teman di samping kita. Nanti selesai ujian kalo ada (peserta) yang menarik hati langsung aja di tatap jangan dilirik lagi. 😂😂😆

Naahhh itulah Tips Menghadapi Seleksi CPNS (Part 2) - TEST SKD & SKB ala Penulis. 

Semoga bermanfaat buat sahabat Perawat Baik, dan semoga tes ASNnya lulus semuanya. 
Aaaaamiiiiin... 😇😘

Jangan lupa subscribe lewat email di pojok kanan bawah ya... Biar selalu update pemberitahuan setiap kita upload artikel terbaru. 😘

Posting Komentar untuk "Tips CPNS (Part 2) - TEST SKD & SKB"

Berlangganan via Email