Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strap Masker

Strap masker berbahaya

PerawatBaik.com - Assalamualaikum wr.wb. 
Salam sehat dan semangat para sahabat Perawat Baik... 😇 

Sudah 1 tahun sejak muncul di Indonesia, Pandemi Covid19 masih belum berakhir.
Anjuran dan himbauan pencegahan penyebaran Covid19 masih tetap dilakukan oleh pemerintah. 

Penulis melihat, saat ini masih banyak masyarakat yang belum memakai masker dengan benar. Kini malah muncul trend baru penggunaan masker di kalangan kita. Pasti sahabat perawat baik sudah tahu dan mungkin mengikuti trend tersebut. Mengikuti trend boleh-boleh saja selama tidak melenceng dari standar yang ada. 

Trend yang saat ini berkembang dan disukai oleh kalangan muda adalah penggunaan Strap Masker

Kali ini Perawat Baik akan membahas sedikit mengenai penggunaan strap masker ini. 
Apakah boleh digunakan? 
Amankah dalam penggunaan dan mendukung fungsi si masker itu sendiri dalam mencegah penyebaran Covid19 atau justru menggunakan strap masker berbahaya?


Apa itu Strap Masker

Strap masker adalah sebuah tali yang digunakan pada masker untuk menggantung masker di leher ataupun di dada. Starp masker ini bisa disebut sebagai aksesoris tambahan dalam penggunaan masker.

Strap masker menjadi trend karena penggunaan masker menjadi semakin cantik dan menarik dengan adanya bermacam-macam bentuk tali yang menggantung di bagian bawah masker.

Penggunaan strap masker ini selain membawa dampak positif tetapi juga berdampak negatif bagi penggunanya.


Dampak positif penggunaan Strap Masker menurut trend dari pengguna strap masker

Kenapa judulnya seperti ini? 
Yup, karena penulis tidak pernah menggunakan strap masker, sehingga penulis melakukan survei terlebih dahulu.

Beberapa dampak positif penggunaan Strap Masker adalah sebagai berikut.

1. Peminat pengguna masker meningkat

Tidak dapat dipungkiri, kita saat ini selalu mengikuti trend yang ada. 
Dengan adanya strap masker membuat seseorang menjadi merasa mengikuti trend dan tidak ketinggalan zaman. Dengan adanya trend ini seseorang yang awalnya enggan menggunakan masker akhirnya menggunakan masker dikarenakan trend dan terlihat lebih menarik.

2. Mudah dalam menyimpan masker

Pada saat kita menggunakan dan saat sedang akan melepas masker terkadang kita akan merasa sulit menyimpannya dan merasa repot. Tetapi dengan adanya strap masker ini kita tidak perlu bingung akan menyimpan masker dimana, karena begitu kita melepas masker dari area mulut dan hidung, sudah otomatis tergantung di dada atau di leher, sehingga tidak perlu repot dalam menyimpannya.

3. Menjadi aksesoris tambahan

Penggunaan strap masker dapat dijadikan aksesoris tambahan yang dapat menambah keindahan penggunanya. Banyak jenis dan model strap yang beredar di kalangan masyarakat, bahkan dengan ditambahnya merek atau nama artis semakin menambah kepercayaan diri pengguna strap masker.

4. Menambah penghasilan

Bagi orang yang memiliki keterampilan, pembuatan strap masker akan menjadi sumber baru penambah penghasilan.


Nah itu beberapa dampak positif penggunaan strap masker. 
Sekarang bagaimana sebenarnya dampak negatif dari penggunaan strap masker tersebut?


Dampak negatif penggunaan Strap Masker

1. Meningkatkan resiko penularan Covid19

Kenapa penggunaan strap masker dapat meningkatkan resiko penularan Covid19? 
Karena pada saat penggunaan strap masker, tali yang memanjang menjuntai akan mengenai daerah-daerah yang luas, seperti dada dan bagian belakang tubuh, sehinga akan memudahkan penyebaran virus Covid19. 

Selain itu, pada saat pelepasan masker sementara dan menggantungnya di dada ataupun leher, area luar masker yang terkontaminasi akan menyebarkan ke area yang lebih luas lagi. 

Meski terlihat memudahkan kita dalam menyimpan masker, tetapi malah akan semakin menyebarkan virus, bakterinya kemana-mana.

2. Tangan akan lebih terkontaminasi

Setelah melepas masker dan menggantungnya, kebiasaan kita akan menggunakan hand sanitizier untuk aktivitas lain seperti makan atau minum. Tetapi ketika tangan kita telah bersih tanpa sengaja terkena strap masker atau bahkan menyentuhnya, maka akan membuat kontaminasi di tangan lagi.

3. Membawa penyebaran virus di rumah

Hal ini tidak bisa dipungkiri, ketika kita menggunakan strap masker keluar rumah, kita juga pasti akan membawanya pulang kembali ke rumah. 

Strap masker ini akan membawa virus ke dalam rumah kita jika tidak kita lepaskan atau kita bersihkan dengan baik dan benar.

Apalagi setelah melepas strap masker kita menyimpannya di tempat yang bercampur dengan barang lainnya.


Itulah beberapa dampak positif dan negatif penggunaan strap masker. 
Dalam mengikuti trend yang ada sebaiknya kita bijak dalam menyikapinya, dan memilah-milah apakah layak dan cocok untuk ditiru.


Meski sangat tidak disarankan untuk menggunakan strap masker tetapi kami dari perawat baik juga memberikan Saran ketika sahabat sangat ingin menggunakan strap masker.

  • Tetap membawa kantong atau tempat untuk menyimpan masker ketika dilepas dan dipisahkan dengan tali strap masker;
  • Membawa tisu basah berbahan alkohol 70% dan hand sanitizer untuk mengelap strap masker ketika melepasnya jika berada di luar;
  • Membersihkan strap masker dengan air sabun ketika berada di rumah;
  • Memilih strap masker berbahan dasar yang mudah dibersihkan dan dicuci dengan sabun;
  • Memilih tali strap masker yang tidak terlalu panjang menjuntai ke belakang atau ke depan.
Pasti sahabat Perawat Baik bertanya-tanya, kenapa kami memberikan saran meski tidak dibenarkan penggunaan strap masker ini. 

Karena ketika telah menjadi trend, akan sangat sulit dihimbau ataupun kita ingatkan, malahan orang yang kita ingatkan biasanya akan memprotes niat baik kita. 

Maka dari itu selain melihat dari segi positif dan negatifnya, kita juga memberikan saran bagi mereka yang memang sudah mengikuti trend tersebut.

Pesan dari kami Bijaklah dalam mengikuti suatu trend, selalu lihat dari segi positif dan negatifnya sebelum memutuskannnya.

Sekali lagi, kami dari Perawat Baik tidak menyarankan penggunaan Strap Masker ya sahabat... 
Tetap jaga protokol kesehatan dan jaga kesehatan bersama. 😊

Itulah sedikit catatan Perawat Baik tentang Strap Masker. Semoga bermanfaat untuk sahabat semua. 

Jika ada pertanyaan, share informasi, atau pengalaman seputar pembahasan kita kali ini, jangan sungkan untuk memberikannya di kolom komentar di bawah ya... 😉 

Posting Komentar untuk "Strap Masker"

Berlangganan via Email