Perawatan Pasien Stroke di Rumah

PerawatBaik.com - Assalamualaikum wr.wb.
Salam sehat dan semangat para sahabat Perawat Baik dari semua kalangan... 😇

Pada kesempatan kali ini, Perawat Baik akan berbagi pendidikan kesehatan masyarakat yang semoga bisa memberikan manfaat untuk keluarga-keluarga yang angota keluarganya merupakan pasien stroke, dan artikel ini akan membahas tentang perawatan pasien stroke tepatnya yaitu cara perawatan pasien stroke di rumah yang bisa dilakukan oleh keluarga tercinta. 😊

perawatbaik.com

Sebelum membahas lebih lanjut, tentang perawatan pasien stroke di rumah, mari kita kenal lebih dulu tentang penyakit ini.


Penyakit Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit terbesar yang terjadi di Indonesia. 
Menurut Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular 1 dari 4 orang meninggal akibat penyakit stroke. Dampak yang dapat ditimbulkan dari penyakit stroke berkaitan pada produktivitas seseorang yang mana dapat mengganggu fungsi sosial dan ekonomi penderita yang terkena stroke. Stroke yang terjadi, jika tidak dilakukan perawatan secara cepat dan tepat dapat berakibat terjadinya kelumpuhan akibat dari disfungsi organ-organ tubuh seperti salah satunya pada anggota gerak. 

Sebagian besar pasien stroke akan mengalami gangguan fungsi sensorik dan motorik bahkan psikologis. Sehingga mengalami kesulitan berjalan, menggunakan baju, makan, dan aktivitas lainnya. Dan tidak jarang mengalami gangguan bicara. Peran serta keluarga disini sangat penting untuk memberikan dukungan dan perawatan yang maksimal. 

Perlu adanya pemahaman, kemauan, kemampuan dan kesabaran dalam melakukan perawatan pada pasien stroke. Saat salah satu anggota keluarga mengalami stroke, maka perlu peran serta dari anggota keluarga lain untuk bertekat melakukan perawatan sampai pada masa pemulihan. 

Perlu diketahui juga bahwa pemulihan stroke tidak akan terjadi dalam waktu yang singkat, tetapi membutuhkan waktu yang cukup panjang. Dan biasanya selalu ada gejala sisa yang ditimbulkan akibat stroke tersebut. Tidak sedikit orang yang membutuhkan Layanan Home Care khusus untuk melakukan perawatan pasien stroke di rumah. Layanan homecare ini dapat juga sahabat dapatkan di PerawatBaik.com ya... 😊


Perawatan Pasien Stroke di rumah

Saat perawatan pasien di Rumah Sakit, sebagian besar perawatan akan dilakukan oleh perawat dan tim medis lainnya. Tetapi jika pasien sudah diperbolehkan pulang maka peran serta keluarga yang akan berperan penting disini.

Berikut ini yang harus disiapkan oleh anggota keluarga untuk melakukan perawatan pasien stroke di rumah.

1. Sabar

Merawat anggota keluarga yang mengalami stroke harus ektra sabar. Karena penderita stroke akan sering mengalami perubahan psikologis dan mood, bisa tiba-tiba marah, menangis, dan berdiam diri. Disini peran keluarga tetap harus memberikan dukungan dan motivasi untuk membuat citra diri penderita stroke kembali meningkat. 

2. Perhatikan Keamanan Lingkungan

Penting memperhatikan keamanan lingkungan tempat tinggal penderita stroke untuk mengantisipasi terjadinya resiko jatuh. Karena kelemahan anggota gerak yang terjadi pada stroke dapat meningkatkan resiko terjatuh, sehingga perlu bagi keluarga untuk menempatkan penderita stroke pada daerah yang datar, adanya pengaman tempat tidur, dan lantai yang licin perlu menjadi perhatian khusus agar tidak membahayakan pasien tersebut.

3. Penuhi Kebutuhan Nutrisi yang Adekuat

Nutrisi yang adekuat ini penting bagi penderita stroke karena dengan nutrisi yang baik akan membantu dalam proses metabolisme sel-sel. Selain itu nutrisi yang adekuat akan membantu memberikan tenaga yang baik. Untuk nutrisi yang baik dan tepat ini dapat dikonsultasikan dengan dokter dan ahli gizi yang ada pada saat dirawat di Rumah Sakit. Tertutama untuk penderita stroke yang mengalami gangguan fungsi menelan dan harus menggunakan alat bantu selang makan yang dipasang di hidung. Untuk info perawatan dan pemasangan selang makan dapat menghubungi kami di Homecare Perawat Baik.

4. Jagalah Kebersihan

Pada penderita stroke, menjaga kebersihan perlu diperhatikan secara khusus agar kesehatan kulit dan organ lainnya tetap terjaga. Penderita yang mengalami tirah baring yang lama dapat menyebabkan kemerahan pada kulit dan dapat berakibat terjadinya luka. Selain itu tirah baring yang lama jika tidak memperhatikan kebersihan dengan baik akan menimbulkan aroma yang kurang sedap yang dapat mempengaruhi gambaran citra diri penderita. Jadi tetap jaga kebersihan dengan baik ya sahabat Perawat Baik seperti memandikan, oral hygiene, maupun yang lainnya. Untuk informasi perawatan ini juga bisa menghubungi kami di Homecare Perawat Baik

5. Lakukan Latihan Gerak Ringan

Penting untuk melakukan latihan gerak ringan secara pasif maupun secara aktif. 
Latihan ini harus disesuaikan dengan kondisi penderita dan harus dilakukan dengan bimbingan ahlinya. Tetapi latihan ini bisa dipelajari dari perawat maupun dokter yang merawat saat di Rumah Sakit. 
Latihan ini berfungsi untuk mencegah kekakuan pada otot dan sendi. Dan latihan ini dilakukan secara bertahap dan hati-hati. Teknik untuk latihan ini kita akan bahas di artikel kita selanjutnya. Jadi pastikan untuk berlangganan artikel kita ya sahabat.

6. Cegah Stroke Berulang

Poin penting untuk mencegah stroke berulang adalah untuk menghindari pertambahan kerusakan pada syaraf. Cara untuk mencegah stroke berulang ini dapat dengan cara selalu kontrol rutin ke layanan kesehatan. Jika penyebab stroke adalah darah tinggi perlu disediakan alat pengukur tekanan darah di rumah pasien sehingga dapat dikontrol dengan baik.


Nah itulah sedikit tips yang dapat kami bagikan kepada sahabat PerawatBaik.com seputar Perawatan Pasien Stroke di Rumah. Semoga bermanfaat ya bagi sahabat Perawat Baik semua.

Jangan lupa subscribe lewat email di pojok kanan bawah ya... Biar selalu update pemberitahuan setiap kita upload artikel terbaru. 😘

Berikan Komentar

Lebih baru Lebih lama