Mandi Malam Hari

PerawatBaik.com - Assalamualaikum wr. wb.
Salam sehat dan semangat untuk semua sahabat perawat baik dimanapun berada...😘

Siapa disini yang sering mandi malam hari


Penulis juga sering sih mandi malam hari terutama setelah pulang dari dinas sore di rumah sakit, penulis sudah pasti akan mandi malam-malam. Mandi malam hari? Banyak beredar informasi melalui obrolan-obrolan ringan seputar bahaya mandi malam hari. Ada yang mengatakan mandi malam hari bisa mengganggu kesehatan tubuh dan menyebabkan munculnya beberapa penyakit seperti mandi malam menyebabkan rematik.

Tetapi benarkah mandi malam berbahaya? Apakah mandi malam menyebabkan rematik dan sangat tidak dianjurkan bagi kita? 

Okeee... Kali ini Perawat Baik akan membahas secara singkat tentang mandi malam menurut kesehatan berserta efek mandi malam hari yang katanya bisa menyebabkan rematik atau nyilu pada sendi.


Efek Mandi Malam

Sampai saat ini belum banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mandi malam hari dapat menyebabkan penyakit atau dampak yang berbahaya. Meskipun begitu bukan berarti kita dengan bebas melakukan mandi pada malam hari ya sahabat PerawatBaik.com.... Karena dengan terlalu sering mandi di malam hari mungkin saja bisa memicu terjadinya kondisi tubuh rentan terkena penyakit. 

Nahhh ada yang bilang mandi malam hari bisa meningkatkan resiko rematik. Ini hanya mitos yang beredar di masyarakat, belum ada penelitian terkait hal ini yang kami ketahui. Karena rematik sendiri adalah penyakit yang berbeda penyebabnya. Mungkin di lain kesempatan akan kami bahas tersendiri. Bagi penderita penyakit rematik dan harus mandi di malam hari, mandi menggunakan air hangat dapat membantu meringankan gejala rematik.

Jika terpaksa harus mandi malam hari dianjurkan dengan menggunakan air hangat, tetapi sesekali boleh menggunakan air biasa. Kenapa dianjurkan menggunakan air hangat? Karena pada malam hari suhu akan cenderung rendah yang dapat menyebabkan suhu tubuh mengalami penurunan yang bisa membuat kita terasa seperti menggigil kedinginan. Diharapkan dengan mandi air hangat di malam hari membantu suhu tubuh tetap stabil.


Bahaya Mandi Malam

Perlu diperhatikan ya sahabat Perawat Baik, mandi di malam hari sangat tidak dianjurkan pada bayi, balita ataupun anak-anak, meskipun menggunakan air hangat. Karena dapat membahayakan bayi tersebut. Bayi memiliki resiko hipotermia atau suhu tubuh di bawah normal, sehingga bayi dapat menjadi kedinginan dan dapat mengancam nyawa. Jika pada bayi mengalami penurunan suhu tubuh dapat dilihat dengan tubuh pucat, gemetar, napas cepat dan tubuh terasa dingin segera lakukan pengahangatan tubuh dengan Kangguru mother care dan segera bawa kelayanan kesehatan ya!
Jadi jangan sekali-kali memandikan bayi Anda di malam hari walaupun itu dengan air hangat!


Manfaat Mandi Malam Hari

Sahabat tahu nggak? Sebenarnya mandi malam hari juga memiliki manfaat yang baik untuk kita.
Apa saja manfaat mandi malam bagi tubuh?

Pada orang yang cenderung berkeringat, mandi di malam hari membantu membersihkan kulit dan memberikan efek nyaman dan membuat istirahat tidur menjadi lebih nyenyak, terutama di cuaca yang akhir-akhir ini cenderung panas, mandi malam hari bisa membantu merilekskan tubuh. 

Baca juga: Tips Tidur Berkualitas.

Pada orang yang mengalami demam tinggi tanpa kontraindikasi bisa dilakukan mandi air hangat untuk membantu mengurangi demamnya. Tapi mandi air hangat dilakukan dengan pengawasan ya teman-teman.

Setelah melakukan perjalanan keluar rumah ataupun berdinas di rumah sakit seperti penulis mandi di malam hari bisa membantu membuang virus-virus yang menempel pada tubuh apalagi di musim covid19 ini. Mandi malam hari setelah berdinas bagi penulis adalah sebuah keharusan. 


Meskipun mandi di malam hari memiliki beberapa manfaat bukan berarti kita akan melakukan kegiatan rutin mandi di malam hari. Jika memiliki keluhan masalah kesehatan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah terjadinya dampak pada kesehatan. 

Nahhh itulah penjelasan secara singkat tentang mandi di malam hari dari kami PerawatBaik.com. Lakukan mandi di malam hari hanya pada kondisi-kondisi tertentu dan sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Ingat ya sahabat... Jika terpaksa harus mandi malam hari sebaiknya menggunakan air hangat ya....

Semoga artikel ini bermanfaat... dan jangan lupa subscribe lewat email di form subscribe di bawah ya... Biar selalu update pemberitahuan setiap kita upload artikel terbaru. 😘

Berikan Komentar

Lebih baru Lebih lama